7 Ulasan Makanan Penyebab Hipertensi Yang Sebaiknya Dihindari

5 Makanan Penyebab Darah Tinggi, Sebaiknya Hindari Mulai Sekarang!

sumber gambar: idntimes.com

Siapa yang suka memanfaatkan dalam olahan makanan setiap harinya? Ya, pasti semua orang melakukannya. Jika garam tidak ditambahkan dalam setiap hidangan rasanya ada yang kurang. Sejujurnya anda tidak dilarang apabila mengonsumsi garam namun harus tetap dalam takaran wajar seperti yang sudah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan. Sebab kalau anda mengonsumsinya berlebihan akan memicu peningkatan jumlah tekanan darah seseorang sehingga peluang hipertensi besar. Tak hanya itu, natrium pun juga sebaiknya anda manfaatkan secukupnya. American Heart Association dan U.S Dietary Guidelines menyarankan agar setiap orang membatasi asupan natrium setidaknya 2300 mg/hari. Apabila anda penderita hipertensi hanya dibatasi mengonsumsi 1500 mg/hari. Apakah masih ada makanan penyebab hipertensi selain garam dan natrium yang harus dihindari? Di bawah ini akan diuraikan jenis makanannya.

  1. Makanan Cepat Saji

Saat ini banyak makanan cepat saji atau fast food yang tersedia dipasaran. Hal ini karena daya saingnya tinggi terlebih banyak orang yang menikmati fast food yang cenderung kekinian, cara penyajian cepat, dan rasanya enak. Ternyata rasa enak pada fast food berkat tambahan garam dan natrium di dalamnya. Selain itu, fast food memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga kesehatan anda pun juga akan terancam, terutama penderita hipertensi. 

  1. Makanan Olahan dan Makanan Kalengan

Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan makanan kalengan atau makanan olahan memiliki kadar garam yang tinggi. Adanya garam yang mengandung natrium ini akan berperan sebagai pengawet agar makanan di dalamnya dapat bertahan lebih lama dan tidak basi. Jika anda memang diharuskan untuk memakannya, maka lihatlah informasi nilai gizi dari makanan kalengan atau olahan tersebut agar anda dapat mengontrolnya. Apabila tidak dapat memakannya, lantas kita harus makan apa? Makanlah makanan yang masih segar sehingga kesehatan anda masih terjamin.

  1. Makanan atau Minuman yang Mengandung Pemanis Buatan

Pemanis buatan yang ditambahkan ke dalam makanan dan minuman anda tidak jauh dari gula. Penelitian yang ditulis dalam British Medical Journal (BMJ) tahun 2014 membuktikan bahwa adanya gula tambahan pada olahan makanan dan minuman mampu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung pada seseorang. Anda sebenarnya boleh mengonsumsi gula tambahan asalkan sesuai dengan acuan American Heart Association, yaitu sekitar 9 sendok teh garam/hari untuk laki-laki dan 6 sendok teh garam/hari untuk perempuan. Menurut honestdocs.id, hindari juga makanan penyebab hipertensi berupa gula rafinasi sebab memicu peningkatan lemak dalam tubuh.

  1. Produk Yang Memiliki Kandungan Tomat

Contoh produk yang mengandung tomat diantaranya saus tomat, pasta tomat, makanan kalengan dengan bumbu tomat, dan sebagainya banyak ditemui saat ini. Produk ini sebaiknya dihindari sebab memiliki kandungan natrium sangat tinggi sehingga rasanya akan enak.

  1. Daging

Dalam hal ini sebaiknya anda menjauhi hidangan daging merah dan daging asap. Memang tak dapat dipungkiri bahwa keduanya enak tapi lihatlah kadar lemak di dalamnya. Setiap 3 lembar daging asap memiliki kadar lemak mencapai 4,5 gr dan 270 mg sodium. Selain itu, sewajarnya banyak daging jenis ini dibumbui banyak garam untuk meningkatkan cita rasa. Jadi pertimbangkanlah kembali sebelum memakannya. Anda dapat memakannya selama dalam porsi yang cukup.

  1. Kulit Ayam

Kulit ayam merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Sayangnya, banyak orang yang menikmatinya tanpa tahu bahwa kulit ayam berbahaya bagi penderita hipertensi. Sebab menurut laman helloseha.com, lemak trans dan lemak jenuh di dalamnya mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat anda. Jika banyak kolesterol jahat di tubuh anda maka tekanan darah akan meningkat sehingga memperparah tingkat hipertensi pasien. Buruknya, akan mengalami komplikasi jantung koroner.

  1. Acar Mentimun

Tanpa anda ketahui acar mentimun yang biasa dikonsumsi memiliki kadar garam yang tinggi sehingga peluang terdampak penyakit ini tinggi. Hal ini karena biasanya sebelum disajikan, acar mentimun akan direndam dalam air dingin yang sudah bercampur dengan garam. Alhasil air garam tersebut akan menyerap dalam acar mentimun. Semakin lama anda merendamnya maka air garam yang terserap dalam acar mentimun semakin banyak.

Bagaimana pendapat anda mengenai uraian di atas? Ternyata banyak makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari. Sebenarnya ada makanan lain yang harus anda waspadai seperti kue/roti, mie instan, donat, ikan beku,  alkohol, produk berkafein dan bersoda, susu berlemak, kentang goreng, dan margarin. Ini semua akan memacu tekanan darah anda dan memungkinkan adanya penyakit hipertensi. Jadi sebaiknya anda berhati-hati jika mengonsumsi makanan.

Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*